Cara NetInstall Mikrotik


Cara Netinstall Mikrotik, Pada dasarnya Mikrotik adalah suatu mesin yang terprogram, kadang - kadang dapat terjadi kesalahan saat mikrotik bekerja, yang membuat hilangnya config pada RouterOS ini atau bahkan gagal boot dan failed write pada disknya.

Lalu bagiamana cara memperbaiki mikrotik dalam keadaan seperti itu, langkah pertama adalah kita dapat melakukan Hard Reset pada tombol yang biasanya sudah di sediakan oleh mikrotik.
Tapi jika pada pada langkah pertama gagal kita akan melakukan langkah terakhir dengan melakukan NETINSTALL.

Apa itu Netinstall ?

Berdasarkan sumber dari wiki Mikrotik, Netinstall adalah program yang berjalan pada komputer Windows yang memungkinkan Anda untuk menginstal MikroTik RouterOS ke PC atau ke RouterBoard melalui jaringan Ethernet. Netinstall juga digunakan untuk menginstal ulang RouterOS.

Perangkat Anda harus mendukung boot dari ethernet, dan harus ada link ethernet langsung dari komputer netinstall ke perangkat target. Semua RouterBOARD dukungan untuk PXE boot jaringan, harus diaktifkan baik di dalam menu RouterOS "Routerboard" jika RouterOS yang beroperasi, atau dalam pengaturan bootloader. Untuk ini, Anda akan membutuhkan kabel serial.

Langkah - langkah melakukan NetInstall

Perlengkapan:

1. Software Netinstall (Install di komputer, filenya download disini http://mikrotik.com/download)

Download 

Tampilan softwarenya seperti ini


2. Download Ffle firmware mikrotik sesuaikan dengan mikrotik yang anda punya, disini saya ambil contoh saya menggunkan MIPSBE untuk router RB450G


3. Kabel UTP (Untuk menghubungkan ether mikrotik ke ether pc atau laptop) dan rubah ip address pc atau laptop anda menjadi statik



Bagaimana prosedurnya, mari kita lanjutkan


  • Jalankan program Netinstall dan tekan tombol Net booting, kemudian anda aktifkan / centang Boot Server enabled, lalu isikan Client IP address dengan IP yang satu subnet dengan IP statik PC anda (misalnya i : 192.168.88.1) dan tekan tombol OK. 
  • Cabut power adaptor Mikrotik RouterBoard Anda, kemudian tekan tombol reset kecil yang ada dibagian samping atau depan samping body mikrotik lalu pasang power adapternya (masih ditekan tombol resetnya).

  • Tunggu beberapa saat, lihat pada bagian software Netinstall akan ada muncul tipe dan mac address perangkat mikrotik anda, barulah anda lepas  kemudian pilih 'install'






Setelah proses Netinstall selesai, silahkan konfigurasi kembali Router Mikrotik anda. 

Catatan :
  • Jika perangkat mikrotik anda tidak terdeteksi pada software Netinstall coba ulangi cara di atas, atau
  • 'Run Administrator' pada software Netinstall, atau
  • Disable Anti Virus komputer anda, atau
  • Ganti kabel atau gunakan PC lain. masih belum bisa juga ?
  • Komentar aja dibawah ya..
Selamat mencoba dan semoga beruntung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda disini.