Cara Mengaktifkan dan Menonaktifkan Root Login Ubuntu Server 14


Secara default, Ubuntu tidak mengatur kata sandi root selama instalasi dan karena itu Anda tidak mendapatkan fasilitas untuk login sebagai root. Namun, ini tidak berarti bahwa akun root tidak ada di Ubuntu atau tidak dapat sepenuhnya diakses. Sebagai gantinya Anda diberi kemampuan untuk menjalankan tugas dengan hak superuser menggunakan perintah sudo .





Sebenarnya, pengembang Ubuntu memutuskan untuk menonaktifkan akun root administratif secara default. Akun root telah diberikan kata sandi yang tidak cocok dengan nilai terenkripsi yang mungkin, sehingga tidak dapat masuk secara langsung dengan sendirinya.

Perhatian : Mengaktifkan akun root sama sekali tidak diperlukan karena sebagian besar aktivitas di Ubuntu tidak benar-benar memanggil Anda untuk menggunakan akun root.





Meskipun pengguna sangat disarankan untuk hanya menggunakan perintah sudo untuk mendapatkan hak akses root, untuk satu alasan atau lainnya, Anda dapat bertindak sebagai root di terminal, atau mengaktifkan atau menonaktifkan login akun root di Ubuntu menggunakan cara-cara berikut.

1. Bagaimana cara mengaktifkan Akun Root di Ubuntu?

Untuk Mengakses / Mengaktifkan akun pengguna root, jalankan perintah berikut dan masukkan kata sandi yang Anda atur sebelumnya untuk pengguna Anda (pengguna sudo).
  • $ sudo -i

2. Bagaimana cara Mengubah Kata Sandi Root di Ubuntu?

Anda dapat mengubah kata sandi root dengan perintah ' sudo passwd root ' seperti yang ditunjukkan di bawah ini.
$ sudo passwd root
Enter new UNIX password:
Retype new UNIX password:
passwd: password updated successfully


3. Mengaktifkan root login di ubuntu

Edit / etc / ssh / sshd_config dan atur dua parameter berikut

PermitRootLogin yes
PasswordAuthentication yes









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda disini.